Manfaat Buah Pisang

Bukan hanya enak karena kelezatannya. Manfaat buah pisang juga dapat membantu beberapa hal yang baik dalam tubuh anda, salah satu yang mungkin tidak terpikirkan adalah pisang mampu meringankan depresi, menguransi risiko kanker ginjal, osteoporosis dan mampu meringankan depresi, seperti yang dikutip dari foodmatters.com

Kandungan Pada Buah Pisang

Buah Pisang

Buah pisang kaya akan kandungan serat, kalsium, vitamin B6, vitamin C, dan berbagai antioksidan dan fitonutrien.

Apa saja fungsi kandungan yang terdapat pada pisang bagi tubuh anda ?

1. Serat

Seperti yang kita ketahui, salah satu kebutuhan serat yang diperlukan bagi tubuh adalah untuk kesehatan bagi jantung anda, menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan dapat membantu mencegah sembelit. Manfaat yang lain dari serat adalah :

  • Menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan membantu menormalkan gula darah dan insulin (berguna untuk mencegah diabetes)
  • Para peneliti menemukan bahwa untuk setiap tujuh gram serat yang di konsumsi setiap hari, dapat menurunkan risiko stroke sebesar 7 persen.
  • Suplemen yang mengandung serat, dapat membantu mengurangi obesitas dikarenakan sifat serat yang mudah kenyang
  • Serat juga dapat menghilangkan jerawat dan ruam, karena serat dapat menghilangkan jamur.

2. Mangan

Terdapat juga salah satu senyawa logam yang cukup penting yaitu Mangan. Walaupun kurang populer dan sering kali salah diartikan dengan magnesium. Mangan dapat berguna bagi tubuh dengan kadar yang justru rendah, bila terlalu tinggi dapat menjadi racun bagi tubuh anda. Fungsi dari Mangan adalah membantu penyembuhan luka dan penting dalam hubungannya dengan mineral lain untuk kesehatan tulang. Cukup banyak rekomendasi yang diberikan untuk mengkonsumsi pisang sebagai makanan ringan yang dapat mencegah osteoporosis.

3. Kalsium

Pisang adalah salah satu buah yang tinggi akan kalsium, setiap 100 grams mengandung 5 mg kalsium. Fungsi dari kalsium atau kita biasa sebut zat kapur dapat membantu melindungi dari kanker usus, membantu kesehatan otak dan pembentukan tulang dan gigi.

4. Antioksidan

Antioksidan berperan penting untuk mencegah kerusakan sel, penuaan dini dan radikal bebas

Kandungan Vitamin

1. Vitamin C

Kandungan Vitamin C pada pisang masuk dalam kategori bagus dengan kadar 10,57 mg. Vitamin C bermanfaat untuk memperbaiki sel kulit mati, menjaga daya kekebalan tubuh, mencegah stroke. Untuk konsumsi vitamin C dalam sehari – hari dianjurkan adalah 500 mg yang dapat juga mengkonsumsi buah yang lain. Vitamin C sebaiknya dikonsumsi melalui buah atau sayuran dan sebisa mungkin tidak merusak kandungan vitamin nya pada saat proses pengolahan atau ketika untuk memasak.

2. Vitamin B6

Vitamin B6 penting bagi tubuh anda dengan manfaatnya adalah untuk memperlancar proses pencernaan, membantu pembentukan kekebalan tubuh, otot, dan fungsi sistem saraf. Vitamin B6 dibutuhkan untuk perkembangan otak dan juga membantu mengurangi risiko kardiovaskuler.

Cara Konsumsi Buah Pisang

Dalam mengkonsumi buah – buahan atau sayuran, cara terbaik adalah dengan mengkonsumsi langsung agar manfaat buah pisang tidak rusak akibat proses pengolahan, tetapi variasi dalam mengkonsumsi perlu dilakukan untuk mencegah kebosanan dan berikut ini resep untuk pisang yang telah diolah menjadi makanan lain seperti :

Stroberi & Pisang Smoothie

Smoothie Pisang & Stroberri

Pisang dapat dibuat juice atau smoothie dengan paduan storiberri untuk menciptakan rasa keasaman yang unik, kedua buah tersebut baik untuk dikonsumsi karena stroberri mempunyai kandungan Vitamin C yang lebih tinggi.

Sarapan Oat dengan Paduan pisang

Sarapan Oatmeal Dengan Pisang

Cobalah memadukan sarapan oatmeal anda dengan tambahan pisang, kacang almond dan beberapa bubuk coklat untuk memberikan rasa yang lebih lezat agar anda tetap dapat memakan kandungan serat yang baik dari Oatmeal sekaligus mendapatkan kandungan manfaat dari buah pisang dan kacang almong yang kaya dengan protein.

Roti Pisang

Roti Pisang

Disamping dapat mengkonsumi pisang secara langsung sebagai snack, memakan roti yang berisi pisang juga dapat menghindari lapar dengan kandungan karbohidrat yang ada pada tepung didalam kandungan roti. Tetapi disarankan untuk tetap mengkonsumsi dalam batas yang wajar untuk menghindari karbohidrat yang berlebih.

 

Yuldan