Pengertian

Bagi masyarakat. Asuransi Kesehatan masih menjadi hal yang dianggap terlalu mahal atau mungkin dalam pandangan lain adalah hanya berupa janji yang bila mengajukan klaim akan sangat dipersulit, padahal pentingnya Asuransi adalah bila seseorang harus melakukan perawatan dikarenakan kondisi sakit dan perlu adanya perawatan,akan diperlukan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu kami membahas mengenai hal ini dan bagaimana memilih Asuransi yang terbaik.

Asuransi kesehatan dalam pengertiannya adalah salah satu produk Asuransi yang memberikan perlindungan finansial apabila terjadi suatu kejadian seperti sakit atau kecelakaan yang mengakibatkan perlunya biaya perawatan atau tindakan.

Dasar Asuransi Kesehatan

Dalam produk Asuransi ini, kita membagi kedalam dua hal yang ada di pasar saat ini.

  1. Produk Individu atau keluarga
  2. Produk Asuransi Kumpulan

Pada dasarnya konsep dari kedua hal jenis produk tersebut hampir sama, yang membedakan adalah sasaran produk dan beberapa manfaat yang ada berbeda, dimana untuk produk Asuransi kumpulan akan lebih beragam dan leluasa mengenai manfaat yang dipilih.

1. Produk Individu atau Keluarga

Asuransi Kesehatan Keluarga

Bagi masyarakat yang ingin mencari Produk Asuransi, cendrung para Agen Asuransi menawarkan produk dengan konsep perlindungan/proteksi beserta dana simpanan atau “savings”, yang kita kenal dengan sebutan Unit Link. Anda harus betul – betul memahami mengenai produk ini dan jangan sampai terkecoh melihat ilustrasi hasil pengembangan nilai simpanannya.

Kami selalu menyarankan apabila anda hanya membutuhkan perlindungan Asuransi maka belilah produk yang hanya menawarkan manfaat perlindungan Asuransi tanpa nilai investasi. Karena produk tersebut akan fokus pada manfaat yang diberikan kepada nasabah dengan biaya premi yang relatif wajar. Perhatian beberapa hal sebelum anda memilih jenis Asuransi yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Jenis Ketentuan Asuransi

Syarat dan Ketentuan

Jaminan Asuransi mempunyai ketentuan yang harus anda perhatikan agar tidak terjebak dengan ketentuan yang akan berakibat klaim tidak dibayar. Sebenarnya didalam Polis Asuransi sudah cukup jelas mencantumkan beberapa ketentuan tersebut, namun peran Agen Asuransi disini cukup penting untuk menjelaskan mengenai ketentuan khusus yang dapat berakibat ketika anda sakit tidak dijamin oleh Asuransi. Contoh ketentuan umum yang ditemui pada produk Asuransi adalah :

Usia kepesertaan

pada Asuransi komersial atau swasta dibatasi antara umur 55 – 65 tahun, diatas usia tersebut umumnya Asuransi tidak dapat menyetujui permintaan jaminan Asuransi karena semakin tua usia nasabah akan meningkatkan risiko Asuransi karena rentan dengan sakit. Sekalipun masih ada yang menerima untuk usia diatas 65 – 70 keatas, biasanya akan ada tambahan informasi terkait penyakit yang telah diderita saat ini.

Masa Tunggu

Ini yang harus anda perhatikan bahwa Asuransi mempunyai masa tunggu 12 bulan dan bahkan ada yang hingga 24 bulan untuk setiap jenis penyakit tertentu, bukan saja terkena masa tunggu bahkan ada beberapa Asuransi yang mengecualikan sama sekali untuk penyakit yang telah diderita sebelum anda menjadi peserta Asuransi. contoh penyakit yang dikecualikan dan ada masa tunggu adalah penyakit jantung, kanker, gagal ginjal, diabetes dll yang merupakan penyakit dengan biaya tinggi dan cendrung hanya mempertahankan hidup.

Pengecualian

Asuransi mempunyai batasan jaminan bukan hanya dari jumlah biaya, tetapi juga mereka membatasi untuk memberikan perlindungan untuk beberapa kondisi yang dikecualikan dalam jaminan polis. Sampai saat ini tidak ada satu jenis polis Asuransi yang memberikan informasi secara jelas jenis penyakit – penyakit yang dikecualikan. Secara umum untuk produk invididu dapat dilihat sebagai contoh :

  • Tidak menjamin penyakit yang telah diderita sebelum masa polis dimulai atau saat polis dimulai kondisi peserta sedang dalam perawatan.
  • Penyakit yang berhubungan dengan bawaan, pada jenis kondisi ini ada yang tampak terlihat seperti bibir sumbing, jari lebih dari 5 atau hidrosefalus dan ada yang tidak tampak terlihat seperti contoh jantung bocor pada bayi, hernia pada anak yang usianya kurang dari 8 – 10 tahun. dll
  • Penyakit sex atau kelamin seperti Aids, HIV atau gonorrhea
  • Penggunaan narkotika atau alkohol

dan sederet beberapa pengecualian yang tidak disebutkan satu persatu.

Bagaimana Mencari Produk Asuransi Yang Terbaik

Perbandingan Asuransi

Sebelum anda putuskan membeli produk Asuransi Kesehatan, ada baiknya menanyakan secara jelas mengenai jenis produk yang ditawarkan. Setelah itu buatlah perbandingan dari semua Asuransi yang telah memberikan proposal kepada anda, terlebih lagi dalam hal ketentuan polis yang ada. Jangan terpaku pada nilai premi murah yang ditawarkan. Pertimbangkan juga dari sisi layanan, jaringan rekanan rumah sakit dan klinik atau

Setelah membandingkan, tidak ada salahnya untuk mencoba menghubungi ke nomor hotline agar dapat diketahui kecepatan dalam hal menerima telepon dari pelanggan.

 

Apabila anda memerlukan pertanyaan lebih lanjut mengenai hal ini, dapat menyampaikan pada kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih.

Yuldan