Apa Itu Buah Bit?

Buah bit tumbuh ditanah seperti layaknya lobak. Tanaman ini berasal dari Swedia atau daerah Britania dan dapat tumbuh dengan baik di ketinggian + 1000 diatas permukaan laut. Dikarenakan membutuhkan udara yang cukup dingin, oleh karena itu tidak sembarang kita dapat menanamnya.

Kandungan dari Buah Bit adalah kalium, magnesium, zat besi, vitamin A, B6 dan C, asam folat, karbohidrat, protein, antioksidan dan serat mudah larut.

Di abad ke 19, bit sangat popular karena buah ini dapat diubah menjadi gula. Bit, atau lebih tepatnya bit merah merupakan  sumber nutrisi yang bebas lemak dan mengandung beberapa protein.

Uniknya, Bit memiliki keunikan karbohidrat dimana mengandung lebih banyak gula dibandingkan sayuran lainnya, namun kandungan karbohidratnya nya hanya memiliki sekitar setengah dari sayuran seperti kentang. Berkat jumlah karbohidrat yang lebih sedikit dan serat 3 gram, pengaruhnya terhadap gula darah cukup tinggi.

Warna Bit

Buah Bit Merah

Bit berwarna merah mempunyai rasa manis dan bagi sebagian orang akan berpengaruh kepada warna dari urine atau tinjanya. Ini sama sekali tidak berbahaya, sayuran bit pada tingkat yang lebih rendah, akarnya mengandung kadar oksalat yang tinggi, sehingga patut diwaspadai bagi penderita riwayat batu ginjal yang mengandung oksalat harus menghindari konsumsi bit yang terlalu banyak.

Manfaat Bit

Bit untuk otak dan demensia

Bit baik untuk otak dan penderita penurunan fungsional tubuh (demensia) karena mengandung konsentrat nitrat, yang diubah menjadi nitrit oleh bakteri di mulut. Nitrites membantu melebarkan pembuluh darah dalam tubuh, meningkatkan aliran darah dan oksigen ke tempat-tempat yang kekurangan oksigen.

Dari hasil penelitian ada yang menyebutkan bahwa nitrit dapat memperluas pembuluh darah dan beberapa mengatakan dapat meningkatkan aliran dapat ke otak.

Melawan Kanker

Manfaat jus bit termasuk melawan kanker dimana fakta yang dikutip dari naturalhealth365. Bit telah digunakan sebagai pengobatan untuk kanker di Eropa selama berabad-abad. Di zaman modern penggunaan bit sebagai pengobatan untuk kanker dimulai pada tahun 1920 ketika dua dokter Jerman dengan nama Farberse dan Schoenenberger menggunakan bit untuk mengobati pasien kanker.

Pada awal 1930-an, seorang profesor Hungaria melakukan eksperimen untuk menunjukkan bahwa bit meningkatkan kesehatan pasien kanker.

Mengkonsumsi Bit

Jika bit segar yang baru anda beli terdapat daun yang masih menempel pada buahnya, segera bersihkan karena dapat mengeringkan kandungan air yang ada pada bit. Daun bit dapat dijadikan sebagai tambahan salad hijau bila anda menginginkannya. Bila memungkinkan sebaiknya memilih buat bit dengan ukuran tidak kurang dari 3 inci diameternya. Karena bila sudah melebihi biasanya sudah terlalu matang dan agak mengeras.

Jus Bit

Jus Buah Bit

 

Bit dapat dibuat jus dengan tambahan beberapa sayuran seperti sayur kale, apel dan wortel. Menimbulkan rasa keasaman yang pas untuk diminum sebagai tambahan nutrisi bagi tubuh anda.

Atau bila apel dirasa kurang menimbulkan rasa keasaman, dapat diganti dengan jeruk lemon untuk menguransi rasa manis yang ada pada Bit.

Bagi anda yang menyukai mengkonsumsi Jus Bit, disarankan untuk menggunakan slow juicer agar nutrisi yang ada tidak terbuang banyak, ada cukup banyak slow juicer di toko – toko online tergantung pilihan anda.

Yuldan